Hindari Bisnis Money Game

Apa sih yang dimaksud dengan money game?

Sederhana saja, Money game adalah sebuah bisnis yang mengandalkan skema permainan uang. Wujudnya bisa bermacam-macam. Salah satu contohnya adalah skema yang mirip dengan MLM atau network marketing.

Disini, Anda membayar sebesar beberapa ratus atau juta rupiah, kemudian Anda harus mensponsori sejumlah orang yang mau membayar jumlah uang yang sama dengan Anda. Kemudian, mereka harus melakukan hal yang sama, yaitu mensponsori sejumlah orang juga. Begitu seterusnya. Setelah mencapai beberapa tingkatan, Anda akan mendapatkan penghasilan dengan jumlah tertentu.

Disini, dikatakan mirip dengan MLM atau network marketing karena skemanya mungkin hampir sama, tetapi pada Money Game biasanya tidak ada barang yang dijual. Jika pun ada, mutunya seringkali tidak terlalu bagus dan harganya sangat, sangat mahal. Perbedaan lain adalah bahwa umumnya jumlah orang yang bisa disponsori secara langsung sangat terbatas, beda dengan Network Marketing sejati; jumlah orang yang bisa disponsori secara langsung biasanya tidak terbatas.

Prinsipnya, yang dimaksud dengan skema permainan uang disini adalah skema yang banyak menggunakan rekayasa perputaran uang dari para pesertanya. Jika Anda ikut, dan bisa memenuhi syarat permainannya, Anda akan mendapatkan penghasilan sebesar ratusan ribu, jutaan bahkan puluhan hingga ratusan juta rupiah.

Pada kenyataannya, pengelola bisnis money game seringkali banyak yang melarikan uang para pesertanya. Bagi mereka yang sudah terlanjur ikut, bukannya "kemenangan" yang didapat, tetapi malah kesialan karena uangnya dibawa lari. Parahnya, bukan satu dua kali kita mendengar cerita bahwa jumlah uang yang dilarikan oleh pengelola money game bisa mencapai miliran rupiah.

Sumber: Perencanaan Keuangan Keluarga: Mencari Penghasilan Tambahan oleh Safir Senduk