Penjelasan Kiat #1

Hal pertama yang harus Anda lakukan apabila mendapat presentasi bisnis dari sebuah perusahaan network marketing adalah melihat apakah perusahaan tersebut tergabung dalam APLI (Asosiasi Penjual Langsung Indonesia).

APLI adalah sebuah asosiasi yang mewadahi berbagai perusahaan MLM atau network marketing di Indonesia. Belum bakunya aturan hukum di Indonesia dalam mengatur penjualan langsung juga mendorong kebutuhan di antara perusahaan network marketing untuk menciptakan aturan dan kode etik yang disepakati bersama. Perusahaan yang ingin bergabung dengan APLI harus memenuhi sejumlah persyaratan tadi dan kemudian mendapat sertifikasi. Mereka yang menjadi anggota APLI hanyalah perusahaan yang dianggap betul-betul memenuhi syarat sebagai perusahaan penjual langsung dan memasarkan jasanya dengan network marketing.

Oleh karena itulah, lewat APLI kita juga bisa mengenali, perusahaan mana yang betul-betul menjalankan konsep network marketing dalam usahanya dan mana yang bukan. Maklum, saat ini banyak perusahaan yang bukan perusahaan network marketing mengaku-ngaku sebagai MLM atau network marketing untuk menarik dana dari masyarakat.

Untuk memperoleh informasi perusahaan yang terdaftar di APLI, Anda dapat membuka situsnya di Asosiasi Penjual Langsung Indonesia (http://www.apli.or.id).

Sumber: Perencanaan Keuangan Keluarga: Mencari Penghasilan Tambahan oleh Safir Senduk