Penjelasan Kiat #2

Kiat kedua yang sebaiknya Anda lakukan adalah memiliki pembeli atau pelanggan yang terus datang berulang kepada Anda. Salah satu cara yang disarankan adalah dengan memilih perusahaan yang tidak hanya menyediakan barang dan jasa yang spesifik saja, tetapi juga dengan mencari perusahaan network marketing yang menyediakan barang dan jasa ang banyak dan bervariasi.

Pemilihan perusahaan yang memiliki banyak lini produk sebetulnya pantas-pantas saja karena fungsi Anda disini mirip dengan warung atau toko serba ada. Anda memiliki apa pun yang dibutuhkan orang dan dimana pun itu. Plus, lebih baik lagi jika perusahaan tersebut bisa memberikan jaminan atas kualitas barang dan jasa yang dijualnya. Jangan lupa, hal ini harus dibedakan dari mencari penghasilan tambahan dengan menjual barang dan jasa secara pribadi.

Sistem network marketing akan lebih baik apabila barang dan jasa Anda cukup banyak karena setiap orang dalam jaringan Anda nantinya mungkin tidak akan memiliki kesamaan minat dalam menjual produk secara pribadi.

Di Indonesia, beberapa perusahaan network marketing ada yang menyediakan barang dan jasa yang jumlahnya mencapai ratusan. Bahkan dari satu perusahaan yang menjual ratusan produk tersebut, sebagian kecil diantaranya diproduksi sendiri (exclusive). Sebagian besar di antaranya merupakan produk titipan (general) yang dititipkan oleh perusahaan-perusahaan produsen merek ternama.

Sumber: Perencanaan Keuangan Keluarga: Mencari Penghasilan Tambahan oleh Safir Senduk