Penjelasan Kiat #3

Yang harus dilakukan adalah mencari perusahaan yang para distributornya memiliki cara atau sistem keberhasilan untuk bisa sukses; dan sistem tersebut sebaiknya sudah teruji dan terbukti mampu mencetak banyak orang menjadi berhasil.

Sebetulnya, cara ini mirip dengan waralaba (franchise). Apabila Anda membuka usaha waralaba, Anda akan mencari usaha yang memiliki sistem atau cara yang sudah terbukti berhasil.

Begitu juga dengan network marketing. Anda perlu sebuah sistem yang sudah terbukti dan teruji keberhasilannya. Contoh:
- bagaimana cara yang baik dalam membuat jaringan pemasaran,
- seberapa banyak pelanggan yang sebaiknya dimiliki,
- bagaimana cara yang baik dalam melakukan presentasi,
- dan seterusnya.

Idealnya, sistem tersebut hendaknya bisa dijalankan oleh orang dari berbagai macam latar belakang usia, pekerjaan, pendidikan, jenis kelamin, bahkan oleh mereka yang tidak pernah berbisnis sama sekali. Apabila sistem tersebut hanya bisa dijalankan oleh sebagian orang saja, mungkin sistem itu tidak begitu baik.

Salah satu ciri yang memperlihatkan bahwa sistem tersebut cukup baik adalah sistem itu harus bisa dijalankan dan diduplikasi oeh banyak orang di kelompok usaha Anda, di mana pun mereka berad, dan apa pun latar belakang mereka. Selain itu, sistem yang baik biasanya juga menyediakan alat-alat bantu usaha, seperti buku-buku kepribadian, kaset-kaset yang memberikan motivasi dan teknik, serta pertemuan-pertemuan yang bisa dihadiri.

Sumber: Perencanaan Keuangan Keluarga: Mencari Penghasilan Tambahan oleh Safir Senduk