Sesuai Waktu Luang

Dalam praktiknya, Anda harus terdaftar di sebuah perusahaan penyedia barang dan jasa. Perusahaan itulah yang akan menyediakan barang dan jasa bagi Anda, untuk lalu Anda jual kepada pembeli dan pelanggan Anda.

Untuk bergabung, Anda harus disponsori oleh seseorang yang sudah lebih dulu bergabung dalam bisnis tersebut. Orang itulah yang akan memperkenalkan Anda kepada barang dan jasa yang dijual oleh perusahaan, dan juga memperkenalkan bisnis ini kepada Anda.

Pada gilirannya, ketika Anda mulai membangun jaringan dengan menceritakan bisnis ini kepada rekan-rekan Anda dan mensponsori mereka, seluruh garis sponsorisasi itu akan dicatat oleh perusahaan karena ketika Anda dan rekan-rekan Anda mendaftar, di formulir pendaftarannya terdapat kolom tentang nama sponsornya. Semua itu nantinya akan dicatat oleh perusahaan dan masuk ke dalam data-data di komputernya.

Dalam bisnis seperti ini, modal yang dibutuhkan umumnya tidak seberapa, mulai dari beberapa puluh hingga ratusan ribu rupiah saja. Berbeda dengan bisnis-bisnis konvensional lain yang membutuhkan modal minimal sejumah beberapa juta rupiah, itu pun belum tentu berhasil. Oleh karena kecilnya modal yang dibutuhkan dalam bisnis ini, otomatis risikonya hampir tidak ada.

Bagaimana mengenai tempatnya? Dalam bisnis ini, Anda bisa menjalankannya di mana pun Anda berada karena yang namanya proyek ada di mana saja. Ditambah lagi, Anda tidak perlu meninggalkan pekerjaan atau bisnis Anda sekarang karena bisnis ini bisa Anda atur waktunya sesuai dengan waktu luang yang Anda miliki.

Menariknya, bisnis jaringan pemasaran yang baik biasanya juga memberi Anda sebuah cara yang sudah terbukti berhasil dijalankan sebelumnya sehingga siapa pun dari Anda tidak perlu memiliki keahlian khusus lebih dulu dalm menjalankan bisnis ini. Disini sponsor Anda akan bertindak sebagai konsultan dalam mengajarkan cara-cara itu kepada Anda.

Sumber: Perencanaan Keuangan Keluarga: Mencari Penghasilan Tambahan oleh Safir Senduk