Membangun Jaringan Pemasaran

Jadi, daripada Anda mengandalkan diri Anda sendiri (padahal bisa saja sewaktu-waktu Anda sakit dan terpaksa harus berhenti menjual), kenapa Anda tiak membangun jaringan orang, yang melakukan persis seperti yang Anda lakukan ?

Jadi, yang Anda lakukan adalah membuka sebuah jaringan pemasaran (network marketing). Di dalam jaringan tersebut terdapat belasan, puluhan, bahkan mungkin ratusan ribu orang yang melakukan penjualan persis seperti yang Anda lakukan. Masing-masing mereka akan mendapatkan keuntungan eceran persis seperti yang Anda dapatkan sehingga jikaAnda berhenti dan tidak bisa menjual, entah karena sakit atau karena apa pun, jaringan pemasaran Anda akan terus menjual dengan/tanpa Anda.

Jadi, Anda dapat membuka jaringan pemasaran yang orang-orangnya melakukan persis seperti yang Anda lakukan. Bagusnya lagi, jika jaringan pemasaran Anda sudah cukup besar, Anda tidak perlu menjual banyak-banyak. Anda cukup menjual sedikit, tapi apabila tiap orang dalam jaringan Anda juga menjual sedikit, total omzet dalam jarongan pemasaran Anda sudah menjadi sangat besar. Disini, selain keuntungan eceran, Anda juga akan mendapatkan penghasilan berupa persentase pembagian dari omzet penjualan dari orang-orang dalam jaringan Anda. Menarik, kan ?

Bahkan, jika jaringan pemasaran Anda sudah memenuhi syarat omzet tertentu, Anda bisa saja tidak perlu lagi terus menjalankan usaha ini karena jaringan pemasaran Anda nanti yang akan memberikan penghasilan kepada Anda.

Jadi, Anda hanya bekerja sebentar selama beberapa tahun dalam membangun jaringan, dan ketika jaringan itu sudah "jadi", jaringan itulah yang akan menjadi aset dan memberi Anda penghasilan secara rutin (bahkan mungkin makin besar) dari tahun ke tahun, selama-lamanya, terlepas dari apakah Anda masih aktif atau tidak bahkan masih hidup atau tidak.

Bahkan, penghasilan itu bisa Anda wariskan kepada anak cucu Anda kelak. Jadi, disini fokus Anda adalah membuat jaringan, bukan melulu menjual barang.

Sumber: Perencanaan Keuangan Keluarga: Mencari Penghasilan Tambahan oleh Safir Senduk